1
- Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan sempurna!
- Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan tidak sempurna!
- Tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli dan pasanglah sebuah gambar pasar oligopoli
- Tuliskan ciri-ciri pasar tenaga kerja!
- Tuliskan ciri-ciri pasar faktor produksi !
1. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna,
sebagai berikut :
· - Adanya
penjual dan pembeli yang sangat banyak.
Banyaknya penjual dan pembeli menyebabkan masing-masing pihak tidak dapat mempengaruhi harga. Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran di pasar. Dengan demikian, pengusahalah yang menyesuaikan usahanya dengan harga pasar yang telah ada. Demikian pula konsumen secara perorangan tidak dapat mempengaruhi harga pasar dengan jalan memperbesar atau memperkecil jumlah pembeliannya.
Banyaknya penjual dan pembeli menyebabkan masing-masing pihak tidak dapat mempengaruhi harga. Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran di pasar. Dengan demikian, pengusahalah yang menyesuaikan usahanya dengan harga pasar yang telah ada. Demikian pula konsumen secara perorangan tidak dapat mempengaruhi harga pasar dengan jalan memperbesar atau memperkecil jumlah pembeliannya.
· - Produk
yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
Produk yang ditawarkan adalah sama dalam segala hal. Dalam pikiran pembeli, masing-masing hasil produksi suatu perusahaan dilihat sebagai sebuah substitusi yang sempurna untuk hasil produksi dari perusahaan lain di pasaran. Akibatnya penentuan pembelian oleh konsumen tidak tergantung kepada siapa yang menjual produk tersebut.
Produk yang ditawarkan adalah sama dalam segala hal. Dalam pikiran pembeli, masing-masing hasil produksi suatu perusahaan dilihat sebagai sebuah substitusi yang sempurna untuk hasil produksi dari perusahaan lain di pasaran. Akibatnya penentuan pembelian oleh konsumen tidak tergantung kepada siapa yang menjual produk tersebut.
· - Perusahaan
bebas untuk masuk dan keluar.
Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan untuk masuk dan keluar pasar. Tidak turut sertanya salah satu pengusaha atau pembeli dalam pasar tersebut, tidak akan berpengaruh kepada harga pasar, karena jumlah produk yang ditarik/dibeli sedemikian kecilnya sehingga dapat diabaikan jika dibandingkan dengan total produk yang terdapat di pasar.
Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan untuk masuk dan keluar pasar. Tidak turut sertanya salah satu pengusaha atau pembeli dalam pasar tersebut, tidak akan berpengaruh kepada harga pasar, karena jumlah produk yang ditarik/dibeli sedemikian kecilnya sehingga dapat diabaikan jika dibandingkan dengan total produk yang terdapat di pasar.
· - Para
pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.
Para penjual dan pembeli mempunyai informasi yang lengkap mengenai kondisi pasar, struktur harga, dan kuantitas barang yang sesungguhnya. Keterangan ini mudah didapat dan tidak memerlukan biaya yang besar (costless)
Para penjual dan pembeli mempunyai informasi yang lengkap mengenai kondisi pasar, struktur harga, dan kuantitas barang yang sesungguhnya. Keterangan ini mudah didapat dan tidak memerlukan biaya yang besar (costless)
-Contoh gambar persaingan sempurna :
2 Ciri-ciri pasar persaingan tidak
sempurna (monopoli), sebagai berikut :
· - hanya
ada 1 orang penjual
· - terdapat
banyak pembeli
· - produk
untuk pasar monopoli tidak mempuanyibarang penganti yang dekat
· - adanya
hampatan untuk masuk ke dalam pasar
-Contoh
gambar persaingan tidak sempurna(monopoli):
contoh
lain dari pasar persaingan tidak sempurna adalah monopolistik. Ciri ciri pasar
monopolistik, sebagai berikut :
· tedapat
banyak produsen atau penjual
· jenis
barang yang dipasarkan berbeda
· adanya
kemampuan produsen untuk mempengaruhi harga
· produsen
lain mudah masuk ke pasar
· promosi
penjualan harus aktif
-contoh
gambar persiangan pasar monopolistik :
3.
- Hanya ada beberapa penjual. Satu jenis
barang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan.
- Banyak pembeli
-
Produk yang dijual bisa bersifat homogen dan bisa juga berbeda, dengan standar
tertentu
-
Adanya hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
-
Adanya saling ketergantungan
-
Penggunaan iklan sangat intensif
Contoh:
Pasar semen
4. Tenaga
kerja merupakan salah satu faktor produksi
penting dalam kegiatan perekonomian. Pasar tenaga kerja merupakan contoh pasar
abstrak dalam perekonomian. Pasar ini merupakan sarana pertemuan antara
kualifikasi yang dimiliki pencari kerja dengan pemberi kerja melalui mekanisme
pasar.
ciri-cirinya adalah :
1. Ada tenaga kerja
2.Ada pencari kerja (Pemilik Tenaga
Kerja)
5. Pasar
Faktor Produksi adalah segala sesuatu yang
dibutuhkan oleh produsen sebagai input untuk memproduksi barang siap pakai.
Ciri-cirinya adalah :
1. Permintaan datang dari Rumah
Tangga Produksi.
2. Penawaran datang dari Rumah
Tangga Konsumsi ke Rumah Tangga Produksi.
3. Yang ditawarkan adalah
faktor-faktor Produksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar