Rabu, 30 Januari 2013

REBORN


Andaikan saya terlahir kembali saya hanya ingin menjadi diri saya sendiri, tetapi diri saya sendiri yang lebih baik daripada diri saya yang ada di kehiupan sebelumnya. Saya ingin menjadi seseorang yang multi talent. Bisa memliki banyak bakat dan kemampuan, juga cerdas dalam berbagai bidang, juga cantik lahir dan batin. Ya, bisa dibilang saya ini manusia serakah, dan memang itulah watak manusia, serakah dan tidak pernah puas terhadap apa yang telah dimilikinya.
Tapi sebenarnya apa kalian tahu apa yang sebenernya di inginkan oleh setiap manusia? Yang diinginkan setiap manusia hanyalah sebuah pujian atau support  dari orang-orang yang ada disekitarnya. Coba kalian pikirkan sendiri, bagaimana jika kalian sudah mendapatkan perhatian dari seluruh orang di dunia ini. Kalian tidak akan membutuhkan lagi bakat yang hebat, wajah yang sempurna, dan lain-lain. Maka itulah saya disinipun hanya ingin menjadi orang yang perfect agar di sukai dan di sayangi oleh setiap orang.
Pertama yang sangat saya inginkan adalah menjadi seseorang yang cerdas. Saya sangat ingin selalu menjadi yang nomor 1 di antara yang  lain. Saya ingin bisa mengajarkan sebuah ilmu kepada teman-teman saya.
Yang kedua, saya ingin bisa bermain biola atau piano. Karena entah kenapa dibenak saya selalu ada fikiran bahwa seorang wanita yang bisa bermain alat musik merupak sesosok wanita yang sangatlah cerdas, terlebih lagi alat music klasik seperti biola atau piano.
Yang ketiga, saya ingin sekali handal dalam berbagai bidang olahraga. Seperti basket ataupun bulu tangkis. Karena menurut saya, seorang wanita yang handal dalam bidang olahraga adalah wanita yang kuat, memiliki kepribadian yang kuat pula dan berjiwa teguh. Saya ingin menunjukan kepada kaum lelaki bahwa wanita tidaklah selemah dan serapuh yang mereka pikirkan.
Yang keempat, saya ingin bisa bela diri. Menurut saya hal ini sangatlah penting, sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar, saya selalu meminta kepada kedua orang tua saya untuk belaja bela diri. Tapi permintaaan saya tidak dI gubris sedikitpun karena mungkin itu hanya dianggap hal sepele yang dikatakan anak-anak. Padahal kalau seorang wanita dapat melindungi dirinya sendiri ia akan lebih mandiri dan merasa lebih nyaman kalaupun harus berpergian tanpa pendamping.
Yang kelima, jujur saya sangat ingin menjadi orang yang dari lahir telah menerima ajaran bahasa inggris. Ya, bisa dibilang saya sangat ingin menjadi orang inggris, karena bahasa tersebutlah yang dapat menghubungkan kita keseluruh dunia. Dengan hanya menguasai bahasa tersebut kita dapat berkeliling kesebagian besar dunia tanpa harus takut kesulitan untuk berkomunikasi dengan penduduk local.
Yang keenam, apabila saya terlahir kembali, saya sangat ingin menjadi seorang MUSLIMAH. Sebagai pemeluk agama Allah SWT dan Rasul-Nya. Hal inilah yang paling penting bagi saya. Selama saya hidup saya juga sangat ingin merasakan pergi Haji bersama kedua orang tua saya. Memberangkatkan orang tua saya agar kedua orang tua saya bisa berdoa dan mendoakan saya lebih husyuk lagi, dan begitu pula dengan saya.
Dan yang Terakhir yang saya inginkan adalah. Ingin selalu bisa membanggakan kedua orang tua saya. Melihat orang tua saya tersenyum karena melihat peringkat yang saya dapatkan, dan melihat orang tua saya mengekspresikan tangis bahagianya karena bangga  atas suatu prestasi yang saya raih

Rabu, 23 Januari 2013

Metode Mengajar Guru


1.       Cara Guru Mengajar
Metode belajar guru, kalau menurut saya, yang paling menyenangkan adalah metode yang biasa diterapkan oleh bu mugi. Bu mugi membuat kami paham dan mengerti, bukan hanya sekedar hafal. Bu mugi biasanya mengajar dengan menggunakan bantuan alat perumpamaan, jadi di umpamakan kita berada di situasi yang sedang kita pelajari. Jadi kita juga ikut merasakan peranan dalam pelajaran tersebut. Bu mugi mengajar Ekonomi dan Leadership. Bu mugi juga sangat baik karena selalu memberikan tenggang waktu apabila kita tidak mengerjakan tugas atau belum menyelesaikan tugas. Jadi tugas tidak terlalu menjadi beban untuk kami. Oh ya, bu mugi juga selalu baik hati, apabila salah satu dari kami ada yg kurang mengerti, bu mugi dengan murah hati mengajarkan kembali kepada kami. Bu mugi juga selalu bisa membuat kami semua, semangat belajar dan menjawab, bu mugi selalu bisa mengongdisikan kelas agar kelas menjadi kelas yang aktif bukan yang pasif. Sesekali saat kami mulai jenuh dengan pelajaran, bu mugi mengadakan game kecil agar kami tidak mengantuk, dan kembali berkonsentrasi kepada pelajaran yang diajarkan.
Sedangkan di pelajaran leadership, bu mugi sebisa mungkin membuat agenda yang berbeda setiap minggu nya, mungkin agar kami tidak bosan, dan selalu bersemangat saat menyelenggarakannya. Misalnya minggu pertama agenda kami adalah berjualan, di minggu kedua berarti kita mengadakan kegiatan lain seperti, nobar(nonton bareng) atau makan bersama.
Saya hanya sekedar menganalisa mungkin cara mengajar guru yang tidak disukai anak-anak adalah cara mengajar yang membosankan, seperti hanya membaca dan membuat anak-anak mengerjakan banyak tugas. Saya yakin semua anak murid menyukai seorang guru yang easy going dan tidak terlalu sering memberikan tugas. Tetapi maksudnya adalah guru yang walaupun menjelaskannya singkat tapi membuat kami mengerti. Yaa, memberikan tugas tidak apa-apa tetapi jangan terlalu banyak dan membuat anak-anak murid merasa terbebani oleh tugas-tugas tersebut. 
Saya sebagai anak murid juga bisa merasakan guru yang seperti apa yang disukai oleh teman-teman. Menurut saya bila ada seorang guru yang menggunakan tekhnik mengajar hanya dengan cara memerintahkan kami untuk membaca itu sangat membosankan, dan guru tersebut harus menggunakan metode belajar lain seperti presentasi,dll. Lalu, apabila ada guru yang apabila menerangkan hanya seperti menerangkan untuk dirinya sendiri, guru tersebut bisa mencoba metode praktek, jadi di tukar anak murid yang menjelaskan,misalnya.
Dan yang paling parah apabila ada seorang guru yang killer. Killer disini maksudnya bukan seperti apabila kami telat masuk ke kelas lalu guru tersebut menyuruh kami untuk push up dan sebagainya. Tapi seperti, misalnya kami tidak mengerjakan tugas, lalu guru tersebut memberikan tugas 2 sampai 3 kali lipat dari tugas awal. Hal seperti itu tentu sangat membebani para murid.
Lalu metode yang biasanya disukai anak murid adalah metode yang menjelaskan pengertiannya terlebih dahulu lalu memberi latihan soal. Karena tidak semua anak dapat mencerna pelajaran dalam waktu yang cepat. Juga banyak guru yang apabila menerangkan sesuatu biasanya memberikan contoh yang belum kita mengerti lalu langsung bertanya siapa yang tau jawaban dari pertanyaan ini. Anak-anak yang IQ nya dibawah rata-rata biasanya agak kesuliatan dengan cara belajar yang seperti ini. Anak murid lebih suka lagi ketika guru tersebut setelah menjelaskan lalu memberikan latihan soal tetapi tidak memberikan PR. Karena berarti guru tersebut sudah percaya kepada kami bahwa kami telah mengerti apa yang guru tersebut terangkan

Minggu, 13 Januari 2013

My Favorite Teacher


Guru favorite saya ada di SMP AL-MUSLIM. Yang pertama adalah Pak didi  dan yang kedua adalah Bu Ratna. Pertama, saya milih pak didi soalnya pak didi tuh enak bngt orngnya kalo diajak bercanda. Kalo lagi geje, gejeeee banget. Trus kalo lagi galau, galauuu banget. Trus kalo lagi kocak, kocaaaak banget. Tapi kalo lagi serius, ga serius serius banget. Pak didi tuh orangnya bisa di ajak bercanda, ga cepet marah, trus ngerti jiwa muda. Eakk.
Kalo lagi ngajar juga enak, ga terlalu serius tapi apa yang disampein jelas dan nyampe ke kita. Kalo lagi bijak, keliatan serius dan bener-bener berpendidikan, tapi abis ngomong sesuatu yang bijak, di akhiri dengan ketawa. Jadinya tetep lucu, wkwk.
Inget banget dulu pas pak didi suaranya lagi serek serek gitu, pak didi bawa bawa mic ke tiap kelas. Pindah kelas>gotong mic>pindah kelas lagi>gotong mic lagi. Wkwk suka kasian kadang kalo liat pak didi lagi ga fit. Terus inget banget dulu tuh suka kata kataan. ‘bantet’ gitu ama pak didi, wkwk. Trus kalo pa didi ngatain bantet, saya bales aja. ‘sesama...jangan saling mengatai’ wkwk, abis itu pasti pa didi nya pasti langsung diem.
Trus pa didi tuh kadang kalo pelajaran kesenian, kalo udh gaada materi, anak anak pada minta bebas, trus kata pa didi ‘yaudah, tp jgn keluar keluar kelas ya’ nah abis itu biasanya pa didi langsung ngambil gitarnya lydia, terus duduk di pojokan kelas, terus main gitar, sambil bernyanyi pelan, kaya anak muda galau gitu deh. Dan karena kasian juga liatnya, biasanya anak anak ngumpul di sebelahnya pa didi sambil request lagu yang bisa dimainin pake gitar sama pak didi, terus akhir akhirnya, biasanya sekelas nyanyi bareng bareng. hehehee
Inget juga pas pak didi, masuk nominasi guru terganteng, tapi ga menang, dan yang akhirnya menang pak yono. Wahahhaha, pak didi heboh sendiri, mungkin pak didi bertanya-tanya di dalam hati ‘kenapa saya ga menang? Saya kan udh paling ganteng sendiri’ . Yak itu Cuma mungkin loh, mungkiiin. Hihihhii. Trus pak didi menang nya guru terlucu, dan pak didi sempat standup comedy dulu di panggung (padahal ga diminta) -_-v
Yang kedua adalah Bu ratna. Kalo bu ratna ini mah subhanallah..............baiknyaaaa paraaah bangeet. Udah baik, cantik, masih muda, sabar, uuuuuhh +++ deeh pokonya. Bu ratna tuh sabar banget, kalo anak anak dikelas pada berisik, paling Cuma bilang ‘jangan berisik ya anak anak’ abis itu paling kita Cuma diem selama beberapa detik, terus rame lagi, tapi bu ratna ga bosen bosen buat nyuruh kita diem. Hahaha baik nya overdosis._.v
Oiya, ada satu guru lagi yang aku suka, yaitu Bu enti yang cantik imut jelita ga ga, boong. Nama panggilannya bu enti doang. Emang kalo pertama kali ketemu bu enti pasti kesannya bu enti tuh galak dan mungkin suka marah-marah. Tapi lama kelamaan engga loooh, bu enti tuh baiiiiikk banget aslinya, bu enti tuh tegas bukan galak, sama kaya pa huda. Bu enti tuh lucu banget malah, dulu suka curhat kalo jerawatam, suka ngeledekin orang juga kalo lagi pacaran sama siapa gitu. Apalagi kalo pacaran sama anak hamzah, pasti di cie ciein soalnya kan bu enti wali kelas hamzah. Termasuk saya nih, dulu saya suka di cie ciein ama bu enti karena pacaran sama anak hamzah, gaada abis nya deh kalo di ciein. Kalo udah putus, ditanya tanyain kenapa putus? Balikan ajah doong. Haduuh haduuh-__- jadi flashback gini kan, jadi ga enak ah. Udah deh segitu aja cerita nya. Terimakasih. 

Selasa, 11 Desember 2012

Jawaban Soal Pasar---Kelas X


1
  1. Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasanglah sebuah  gambar pasar persaingan sempurna!
  2. Tuliskan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna dan pasanglah sebuah gambar pasar persaingan tidak sempurna!
  3. Tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli dan pasanglah sebuah gambar pasar oligopoli
  4. Tuliskan ciri-ciri pasar tenaga kerja!
  5. Tuliskan ciri-ciri pasar faktor produksi !


     1. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, sebagai berikut :
·        - Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak.
Banyaknya penjual dan pembeli menyebabkan masing-masing pihak tidak dapat mempengaruhi harga. Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran di pasar. Dengan demikian, pengusahalah yang menyesuaikan usahanya dengan harga pasar yang telah ada. Demikian pula konsumen secara perorangan tidak dapat mempengaruhi harga pasar dengan jalan memperbesar atau memperkecil jumlah pembeliannya.
·        - Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
Produk yang ditawarkan adalah sama dalam segala hal. Dalam pikiran pembeli, masing-masing hasil produksi suatu perusahaan dilihat sebagai sebuah substitusi yang sempurna untuk hasil produksi dari perusahaan lain di pasaran. Akibatnya penentuan pembelian oleh konsumen tidak tergantung kepada siapa yang menjual produk tersebut.
·      -   Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar.
Masing-masing penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan untuk masuk dan keluar pasar. Tidak turut sertanya salah satu pengusaha atau pembeli dalam pasar tersebut, tidak akan berpengaruh kepada harga pasar, karena jumlah produk yang ditarik/dibeli sedemikian kecilnya sehingga dapat diabaikan jika dibandingkan dengan total produk yang terdapat di pasar.
·       -  Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.
Para penjual dan pembeli mempunyai informasi yang lengkap mengenai kondisi pasar, struktur harga, dan kuantitas barang yang sesungguhnya. Keterangan ini mudah didapat dan tidak memerlukan biaya yang besar (costless)
-Contoh gambar persaingan sempurna : 

2   Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna (monopoli), sebagai berikut :
·      -   hanya ada 1 orang penjual
·      -  terdapat banyak pembeli
·      -   produk untuk pasar monopoli tidak mempuanyibarang penganti yang dekat
·      -   adanya hampatan untuk masuk ke dalam pasar
-Contoh gambar persaingan tidak sempurna(monopoli):

contoh lain dari pasar persaingan tidak sempurna adalah monopolistik. Ciri ciri pasar monopolistik, sebagai berikut :
·         tedapat banyak produsen atau penjual
·         jenis barang yang dipasarkan berbeda
·         adanya kemampuan produsen untuk mempengaruhi harga
·         produsen lain mudah masuk ke pasar
·         promosi penjualan harus aktif 
-contoh gambar persiangan pasar monopolistik :

3.
- Hanya ada beberapa penjual. Satu jenis barang hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan.
- Banyak pembeli
- Produk yang dijual bisa bersifat homogen dan bisa juga berbeda, dengan standar tertentu
- Adanya hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
- Adanya saling ketergantungan
- Penggunaan iklan sangat intensif
Contoh: Pasar semen

4. Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi penting dalam kegiatan perekonomian. Pasar tenaga kerja merupakan contoh pasar abstrak dalam perekonomian. Pasar ini merupakan sarana pertemuan antara kualifikasi yang dimiliki pencari kerja dengan pemberi kerja melalui mekanisme pasar.
ciri-cirinya adalah :
1. Ada tenaga kerja
2.Ada pencari kerja (Pemilik Tenaga Kerja)

5. Pasar Faktor Produksi adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh produsen sebagai input untuk memproduksi barang siap pakai.
Ciri-cirinya adalah :
1. Permintaan datang dari Rumah Tangga Produksi.
2. Penawaran datang dari Rumah Tangga Konsumsi ke Rumah Tangga Produksi.
3. Yang ditawarkan adalah faktor-faktor Produksi.












Kamis, 29 November 2012

Jawaban Soal X. Permintaan dan Penawaran


Pak Amir Samsudin adalah seorang pedagang mangga di Pasar Tambun. Mangga simanalagi pada hari ini dijual di pasaran seharga Rp. 6.000,00/kg. Kemarin, Pak Amir baru saja membeli mangga dari Ibu Tutik, tetangga samping rumahnya. Dengan  begitu, Pak Amir sebenarnya bisa menjual harga mangga sebesar Rp, 4.000,00 per kg.  Sementara itu, Bu Sinta yang baru saja gajian, membawa uang ke pasar sebesar Rp. 10.000,00. Asumsi Bu Sinta, harga mangga simanalagi Rp. 10.000,00. Karena harganya lebih murah, maka Bu Sinta membelinya 6.5 kg.
  1. Analisalah kasus di atas dan golongkanlah Pak Amir dan Bu Sinta termasuk ke dalam jenis penjual dan pembeli yang seperti apa ?
  2. Berapakah premi konsumen dan produsen yang dimiliki Pak Amir dan Bu Sinta?
  3. Tuliskan Hukum Permintaan dan Penawaran dan berikan contoh nyata dalam kehidupanmu sehari-hari!
  4. Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran!
  5. Fungsi permintaan Qd = 210 – 3P dan fungsi penawaran Q = -40 + 2P. Buatkan kurva keseimbangan !
  6. Perhatikan tabel berikut :
Harga
Jumlah
Rp. 2000
Rp. 4000
300
500
-Buatlah fungsi penawaran!
- Hitunglah koefisien elastisitasnya !
1. Pa amir temasuk Penjual Supermarjinal karena harga mangga/kg yg dijual pa amir dibawah harga pasar.
Dan, Bu Sinta termasuk Pembeli Supermarjinal karena harga taksiran bu sinta melebihi harga pasar.

2. -Saya kurang ngerti pertanyaan ini bu-_-maksudnya apa yaa. Menurut saya premi konsumen (Bu Sinta) sebesar Rp.6.000 (dari 10.000-4.000) karena bu sinta menafsir harganya akan 10.000. ketika harga di toko buah tersebut 4.000. Bu sinta menrasa mendapatkan keuntungan sebesar Rp.6.000
-Kalau premi produsen sebesar Rp.2.000 (dari 6.000-4.000). Karena harga pasar Rp.6.000 dan pak amir mendapat harga Rp.4.000 saat membeli mangga. ia jadi bisa menjualnya dengan harga lebih murah. Maka disitulah keuntungannya.

3. Hukum Permintaan adalah apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, maka kuantitas yang diminta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, maka kuantitas yang diminta akan meningkat, ceteris paribus.
-Contoh: Ana membeli  5 kilogram buah jeruk. Padahal semula ia hanya berminat untuk membeli 2 kilogram saja. Tetapi karena di toko Buah Segar sedang ada bulan promosi dengan menurunkan harga jeruk maka ia memutuskan membeli 5 kilogram.

Hukum Penawaran adalah apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan menurun, ceteris paribus.
-Contoh: Pada tingkat harga Rp1.000 per kilogram, toko Buah Segar hanya bersedia menjual jeruk sebanyak 20kg. Sekarang katakanlah harga naik menjadi Rp2.000 per kilogram. Toko Buah Segar bersedia menambah penawarannya menjadi 30kg. Dan begitulah seterusnya.

4. -Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan :
a. Harga barang komplementer dan barang subtitusi
b. Jumlah Pendapatan
c. Jumlah dan Karakteristik penduduk
d. Perubahan tradisi, mode, dan selera rakyat
e. Perkiraan dan harapan masyarakat
f. Hari raya keagamaan
g. Kondisi sosial dan ekonomi

-Faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran :
a.Kemajuan Teknologi
b.Biaya produksi
c. Persediaan sarana produksi
d. Peningkatan jumlah produsen
e. Peristiwa alam
f. Ekspetasi atau harapan produsen
g. Harga barang dan jasa lain


5. KURVA: 


 6. Funsi Penawaran : 
P-P1/P2-P1=Q-Q1/Q2-Q1
P-2.000/4.000-2.000=Q-300/500-300
P-2.000/2.000=Q-300/200
200(P-2000)=2.000(Q-300)
200P-400.000=2.000Q-600.000
200P=2.000Q-600.000+400.000
200P=2.000Q-200.000
P=2.000Q/200-200.000/200
P=10Q-1.000

--> 200P=2.000Q-200.000
-2.000Q=-200.000-200P
Q=-200.000/-2.000-200P/2.000
Q=100+1/10

Koefisien Elastisitas :
(Delta)Q/(Delta)PxP/Q
200/2.000X2.000/300
60.000/4.000.000
0,015 
(E<1 : Inelastis) 



Sabtu, 03 November 2012

Jawaban Essay Ekonomi kelas X (UH 2)


  1. Gambarkan tentang circular flow 2 sektor, 3 sektor, dan 4 sektor beserta penjelasannya!
  2. Adakah hubungan antara kegiatan ekonomi suatu negara dengan sistem ekonomi negara tersebut? Tulisjan penjelasannyak
  3. Dari circular flow yang kalian buat di nomor 1, tuliskan semua peran pelaku ekonomi yang ada di dalamnya!
  4. Tuliskan mengenai penjelasan The Law of Diminishing Return dengan menggunakan contoh !
  5. Tuliskan cara perluasan produksi yang bisa dilakukan oleh produsen dengan disertai contoh!
  6. Tuliskan perbedaan kegiatan produksi primer, sekunder dan tersier!
  7. Rangkumkan mengenai Teori Nilai Pasar dari Humme dan Locke!
  8. Rangkumkan mengenai teori nilai tenaga kerja dari David Ricardo!
  9. Rangkumkan mengenai teori nilai lebih dari Karl Marx!
  10. Tuliskan perbedaan Hukum Gossen I dan II!
Jawab : 
1. Circular Flow 2 sektor

Circular flow 3 sektor 


Circular Flow 4 sektor

2. Tentu ada. karena di setiap negara mempunyai sistem ekonomi masing-masing. Ada yang Komando, Pasar, Campuran. Kalau komando maka kegiatan ekonomi di atur oleh pemerintah. Kalau pasar maka kegiatannya di atur oleh masyarakat di dalam negara itu sendiri. Sedangkan campuran maka yang mengatur jalannya kegiatan ekonomi adalah masyarakat dan pemerintah.
3. Peran peran pelaku ekonomi dalam 2 sektor, 3 sektor dan 4 sektor:Peran RTk :·       Memberikan faktor produksi pada perusahaan
·       Menerima balas jasa atas pemberian faktor produksi
·       Pembeliaan barang/jasa dari hasil RTP
·       Menabung ke lembaga keuangan(tabungan)
·       Membayar pajak kepada pemerintah
·       Mendapatkan subsidi dari pemerintah
·       Mengimpor barang dari masyarakat luar negri
·       Membayar atas mengekspor barang dari masyarakat luar negri
Peran RTP :·       Menerima faktor produksi dar RTK
·       Memberikan balas jasa atas pemberian factor produksi dari RTK
·       Menerima uang pembeliaan dari RTK yang membeli barang/jasa
·       Memberikan barang/jasa produksi kepada RTK
·       Menerima investasi dari penanam modal
·        Membayar pajak kepada pemerintah
·       Menerima uang(pengeluaran pemerintah) dalam memneri barang/jasa
·       Memberikan barang/jasa kepada pemerintah
·       Mengekspor factor produksi maupun hasil produksi kepada masyarakat luar negri
·       Menerima uang atas penjualan barang/jasa dari masyarakat luar negri
Peran pemerintahan :·       Menerima pajak individu dari RTK
·       Memberikan subsidi kepada RTK
·       Menerima pajak dari RTP
·       Membrikan uang(pengeluaran pemerintah) dalam membeli barang/jasa dari RTP
·       Menerima barang/jasa dari RTP
Peran masyarakat luar negri :·       Mengimpor barang/jasa dari RTP
·       Membayar atas pembelian barang/jasa dari RTP
·       Mengekspor barangjasa kepada RTK
·       Mendapatkan uang dari RTK


4.  The law of diminishing return meyatakan bahwa apabila factor produksi ditambah terus menerus, pada mulanya produksi meningkat, tetapi sesudah mencapai tingkat tertentu pertambahan produksinya akan semakin menurun.
Contoh:
Jumlah pekerja
Output total
Produk rata-rata
10
90
9
15
150
10
20
190
9,5
25
220
8,8
30
260
8,7
Dari tabel diatas dapat diliat bahwaketika factor produksi berupa tenaga kerja ditambah maka hasil produksi pun akan bertambah. Tetapi hanya meningkat pada titik tertentu dan kemudian turun lagi.  Itu lah yang disebut dengan ’The law of diminishing return’.

5. Intensifikasi: perluasan produksi dengan cara lebih mengefektifkan dan mengefesienkan kemampuan. Contoh: Pembuat kain batik menggunakan ceplakan motif batik, tidak menggunakan canting.
- Ekstensifikasi:  perluasan produksi dengan cara menambah factor produksi. Contoh: Menambah modal dan tenaga kerja
6. -Kegiaatan produksi primer adalah kegiatan yang menghasilkan kegunaan dasar meliputi ekstraktif dan agraris. Contoh : pertambangan, penangkapan ikan dilaut dan pertanian.
-Kegiatan produksi sekunder adalah kegiatan yang menghasilakan kegunaan bentuk meliputi bidang produksi indrustri dan kerajinan. Contoh : pabrik pengolah kayu.
-Kegiatan produksi tersier adalah kegiatan yang menghasilkan berbagai kegunaan (utility) meliputi bidang perdagangan dan jasa. Contoh : toko swalayan, angkutan, perhotelan, dll.
 7. Teori nilai pasar oleh Hummed an Locke, berbunyi “ Nilai suatu barang yang sangat tergantung pada permintaan dan penawaran barang di pasar. Maka dari itu jika suatu permintaan turan berarti nilai suatu barang itu naik(dan begitu juga sebaliknya). 
8. Teori ini lebih menekankan bahwa besarnya nilai suatu barang sangat ditentukan oleh besarnya upah tenaga kerja untuk memproduksi barang tersebut.

9. Teori lebih oleh Karl Mark, berbunyi “ Tenaga kerja mempunyai nilai tukar dan nilai pakai bagi pengusaha. Pengusaha harus membayar nilai tukarnya untuk mendapatkan nilai pakainya. Kelebihan nilai pakai atas nilai tukar disebut nilai lebih. Jadi suatu pengusaha itu harus membayar upah pada pegawainya untuk mendapatkan nilai pakai.

10. Hukum gossen I : jika pemenuhan kebutuhan dilakukan secara terus menerus, maka rasa nikmatnya mula-mulaakan tinggi. Namun, semakin lama kenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh.

-Hokum gossen II :konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupa sehingga nilai guna marjinal setiap barang dan jasa yang dikonsumsi akan sama. 

Rabu, 12 September 2012

Ulangan Ekonomi Essay Kelas X


Soal :

  1. Kebutuhan Anda sebagai siswa!
  2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
  3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
  4. Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !

Jawaban: 
     1. -Buku Pelajaran
         -Seragam
         -Belajar
         -Tas 
         -Sepatu
         -Uang Saku
         -Alat Tulis
         -Hiburan

     2.- Membuat Skala priorotas, karena setiap barang ada juga yg tidak terlalu dibutuhkan
        - Menggunakan barang Subtitusi tau barang pengganti
        -Menggunakan dan mengolah barang bekas atau barang yg sudah tidak terpakai lagi untuk dijadikan barang yg lebih bermanfaat 

     3. Saya pernah menginginkan membeli motor dan hp dalam waktu yg bersamaan, tapi karena orang tua tidak mengizinkan untuk membeli keduanya sekaligus, jadi saya harus memilih salah satu, akhirnya saya memilih hp, karena motor sbnrnya saya masih bisa berdua dengan kaka saya. Jadi barang yang saya pilih (Hp) itu disebut dengan Biaya Peluang (Implisit) . Seangkan barang yang tidak saya pilih (motor) disebut juga Eksplisit 

      4.Menurut saya sih Campuran , karena indonesia belum mampu keuangan dan pemerintahan negara sendiri. Jadi indonesia juga masih membutuhkan ke aktifan dari warga indonesia sendiri, juga membutuhkan bantuan dari wiraswasta juga perusahaan. Dan warga indonesia juga harus ikut berpartisipasi dalam mewujukan dan memperbaiki perekonomian inonesia