Rabu, 12 September 2012

Ulangan Ekonomi Essay Kelas X


Soal :

  1. Kebutuhan Anda sebagai siswa!
  2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
  3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
  4. Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !

Jawaban: 
     1. -Buku Pelajaran
         -Seragam
         -Belajar
         -Tas 
         -Sepatu
         -Uang Saku
         -Alat Tulis
         -Hiburan

     2.- Membuat Skala priorotas, karena setiap barang ada juga yg tidak terlalu dibutuhkan
        - Menggunakan barang Subtitusi tau barang pengganti
        -Menggunakan dan mengolah barang bekas atau barang yg sudah tidak terpakai lagi untuk dijadikan barang yg lebih bermanfaat 

     3. Saya pernah menginginkan membeli motor dan hp dalam waktu yg bersamaan, tapi karena orang tua tidak mengizinkan untuk membeli keduanya sekaligus, jadi saya harus memilih salah satu, akhirnya saya memilih hp, karena motor sbnrnya saya masih bisa berdua dengan kaka saya. Jadi barang yang saya pilih (Hp) itu disebut dengan Biaya Peluang (Implisit) . Seangkan barang yang tidak saya pilih (motor) disebut juga Eksplisit 

      4.Menurut saya sih Campuran , karena indonesia belum mampu keuangan dan pemerintahan negara sendiri. Jadi indonesia juga masih membutuhkan ke aktifan dari warga indonesia sendiri, juga membutuhkan bantuan dari wiraswasta juga perusahaan. Dan warga indonesia juga harus ikut berpartisipasi dalam mewujukan dan memperbaiki perekonomian inonesia

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar