Kamis, 21 Februari 2013

Kurikulum 2013. Ada enak&engganya loh.


Kurikulum 2013? Mau banget...
Pertama kali ngedenger yang namanya sistem kurikulum baru, sempet bingung kurikulum kita bakal diubah kaya gimana lagi?
Yap, denger-denger si akan ada sistem baru yang pasti akan disukai oleh para murid yaitu, PENJURUSAN akan dihapuskan dan akan diganti dengan PEMINATAN. Ini sih asik banget-_-

Setalah lihat di internet. Ini beberapa hal baru yang akan dilaksanakan di kurikulum baru 2013 ini:
      1.UN dengan 20 paket soal
Wow. Ini saatnya kita semua bilang wow. Katanya akan ada 20 paket soal saat menjalani UN dari tahun sekarang.  Mudah-mudahan ini gaakan terjadi Ya Allah. Ngerti sih kalo tujuan pembuatan 20 paket ini untuk menghindari kegiatan contek-mencontek. Tapi walaupun ada 20 paket soal, tapi kandungan soalnya sama, Cuma nomor nya aja yang diacak-acak, kayanya tetep aja akan ada yang contek-contekan karena jawabannya pun pasti sama. Lebih baik gausah banyak-banyak deh paketnya 2 aja udah cukup kok dalam 1 kelas.
      2.UN tanpa pengawas ruangan
Kalau UN beneran begini mungkin satu kelas saat melaksanakan UN gaakan ada yang sepi, tapi justru malah rame banget. Karena apa? Karena kesempatan bertanya dan bertukar jawaban semakin besar, tidak akan ada yang memarahi atau mencatat nama kita dan mengurangi nilai kita.
Saya mengerti, kalau tujuan pemerintah adalah untuk meningkatkan rasa Kejujuran dan bersemangat untuk belajar lebih giat lagi. Tapi tetap saja, karena mencontek sudah menjadi sebuah kebiasaan, sudah menjadi behavior nya orang indonesia, makanya sistem seperti itu gaakan berjalan lancar.
Sekalipun sudah dipasang CCTV disetiap ruang ujian, itupun tidak akan aktif. Karena biasanya sistem CCTV yang diaktifkan disetiap kelas tidak dapat merekam suara. Jadi bisanya sajakan para peserta UN bertanya, mengeluarkan suara. Tetapi tanpa menggerakan kepala nya, itu tidak akan tertangkap oleh kamera kan?
      3. PENJURUSAN ditiadakan
Aduuuuh, ini mantep bangetlaaah. Iri banget laaah sama yang satu ini, ketika penjurusan gaada kita akan merasa lebih bebas dalam menentukan pilihan, dan memilih minat sesuai bakat dan keinginan kita. Misalnya ada seorang murid kelas 1 SMA bernama Udin. Udin sangat ingin berkuliah di jurusan IT. Kalau IT kan biasanya SMA nya harus IPA. Tapi nilai Udin tidak mencapai standar IPA dan terpaksa masuk ke kelas IPS pada saat SMA. Karena Udin anak IPS ia jadi terhambat atau mungkin tidak bisa masuk ke jurusan IT. Jadikan itu akan jadi penghambat Udin untuk meraih apa yang ia inginkan.
      4.Pramuka sebagai eskul Wajib
Yang satu ini paling ga setuju, kalo ini diterapkan di SD/SMP yaaa gapapa deh. Tapi kalo ini diterapkan di SMA juga, kebangetan. Karena anak SMA lagi membutuhkan waktu yang sangat banyak untuk belajar dan menyiapkan diri untuk melakukan penjurusan(untuk anak kelas satu) dan persiapan UN juga persiapan masuk perguruan tinggi (untuk anak kelas tiga). Jika ada waktu luang seperti waktu pramuka, lebih baik digunakan untuk mempelajari dan mempersiapkan materi untuk kedepannya, atau bahkan melakukan pengayaan. Jadi intinya anak SMA tuh jangan deh disibukin sama hal-hal yang gaada sangkut-pautnya sama nilai-nilai untuk keperguruan tinggi.
      5.Penjurusan sesuai minat
Penjurusan sesuai minat, ini wow banget ah woooooow. Karena apa? Kita benar-benar bisa memilih apa yang cocok dengan kita dan apa yang sesuai dengan bakat kita. Jadi kedepannya kita lebih siap untuk menekuni minat yang telah kita pilih.
6.Mata pelajaran sesuai minat
Inisih asik banget, ini sangat meringankan beban seorang murid. Dengan memilih pelajaran yang hanya kita minati saja, kita bisa fokus kepada arah minat kita, jadi ga perlu belajar yang ga kita minati, terus buku bawaan juga jadi sedikit, jadi tas nya ga berat :D
      Sudah dulu yaah, capek. Fyuuuh.Sayonara~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar